top of page
  • Writer's pictureProjek Ku

Cara Memilih Laptop untuk Pengeditan Video

Memiliki anggaran yang rendah tidak berarti Anda harus berkompromi dengan kualitas laptop. Ada banyak laptop luar biasa untuk mengedit video YouTube dengan harga lebih murah.


Dilansir dari Jagatberita.com inilah yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih laptop murah untuk mengedit video YouTube:


Prosesor

grafis

RAM

Penyimpanan

Layar




Mari kita bahas hal-hal ini secara lebih rinci.

1. Prosesor


Fungsi yang dapat dijalankan laptop Anda dan kecepatan kinerjanya bergantung pada prosesor. Jika Anda menginginkan pengalaman mengedit video yang mulus, Anda memerlukan prosesor yang kuat.


Cari prosesor kelas menengah dengan banyak inti. Ini akan mendukung hampir semua perangkat lunak pengeditan video tanpa masalah.

2. Grafik


Grafik menentukan kualitas gambar laptop Anda. Jika Anda menggunakan laptop untuk banyak mengedit video, Anda memerlukan kartu grafis yang berkualitas. Ini akan membantu Anda mengedit lebih cepat.


Demikian pula, jika Anda seorang gamer, Anda memerlukan laptop dengan kartu grafis yang kuat. Carilah grafik berkualitas tinggi saat memilih laptop.

3. RAM


RAM mungkin merupakan elemen terpenting dari sebuah laptop. RAM yang lebih besar berarti Anda dapat melakukan banyak tugas tanpa jeda atau pembekuan.


Anda akan sering membutuhkan banyak tab dan program terbuka saat mengedit video, yang dapat memperlambat laptop Anda. Memiliki RAM tinggi memungkinkan Anda bekerja tanpa gangguan. RAM 8 GB sudah cukup untuk mendukung sebagian besar perangkat lunak pengeditan video, tetapi Anda harus meningkatkannya hingga 16 GB jika Anda menginginkan kinerja yang lebih lancar.

4. Penyimpanan


Penyimpanan sering diabaikan saat memilih laptop. Anda harus memastikan bahwa laptop Anda memiliki setidaknya 500 GB ruang jika Anda ingin mengedit video untuk YouTube. Jika tidak, penyimpanan harus dapat diperluas sehingga Anda dapat memutakhirkannya nanti.


Perangkat lunak pengeditan itu berat dan kemungkinan besar Anda akan menggunakan banyak program untuk mengedit video Anda. Anda memerlukan penyimpanan yang cukup untuk semua video yang Anda buat. Jadi, Anda harus memastikan laptop Anda memiliki banyak ruang penyimpanan.

5. Layar


Anda memerlukan resolusi layar yang layak untuk mengedit video YouTube. Jangan membeli laptop dengan resolusi layar lebih rendah dari 1440p jika ingin mengedit video.



Dimungkinkan untuk menjalankan Adobe Premiere di laptop dengan RAM 4GB. Namun, Anda akan mendapatkan kecepatan rendah yang akan memperlambat proses pengeditan Anda.


Meskipun secara teknis kompatibel, lebih baik meningkatkan RAM Anda menjadi minimal 8 GB atau mencari laptop murah untuk mengedit video. Untungnya, ada banyak laptop murah untuk mengedit video YouTube yang tersedia di pasaran saat ini.

9 views
bottom of page