top of page
  • Writer's pictureProjek Ku

Makna Dan Kandungan Pada Surat falaq

Surat Al-Falaq (Surat ke-113 dalam Al-Qur'an) adalah surat pendek yang mengandung permohonan perlindungan dan pengharapan kepada Allah dari berbagai bahaya dan kejahatan. Ayat dalam Surat Al-Falaq berbunyi dalam bahasa Arab: "Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki." Makna dan kandungan dari Surat Al-Falaq adalah:





  1. Permohonan Perlindungan: Surat ini merupakan permohonan perlindungan kepada Allah dari berbagai macam kejahatan, baik yang datang dari manusia, kejadian alam, maupun kejahatan spiritual yang dilakukan oleh tukang sihir.

  2. Perlindungan dari Kejahatan: Surat ini memberikan permohonan perlindungan dari berbagai jenis kejahatan, seperti yang datang pada saat fajar, kejahatan yang terjadi pada malam hari, kejahatan yang berkaitan dengan praktik sihir, dan kejahatan yang timbul akibat rasa dengki manusia.

  3. Permohonan Pengharapan kepada Allah: Ayat-ayat dalam Surat Al-Falaq mengajarkan umat Islam untuk selalu mengharapkan perlindungan, pertolongan, dan kekuatan kepada Allah SWT dalam menghadapi berbagai jenis ancaman dan kejahatan.

Menurut Slingadigital.com Surat Al-Falaq memberikan pesan penting tentang perlindungan yang berasal dari Allah dari berbagai bentuk kejahatan yang mungkin mengancam manusia. Surat ini mengajarkan umat Islam untuk senantiasa berlindung dan bergantung kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan mereka.

1 view

Recent Posts

See All
bottom of page